Membuat Mozaik Bersama

Salah satu cara PAUD Al-Madina dalam menstimulus perkembangan berbagai kemampuan dasar pada anak adalah dengan memberikan kegiatan membuat seni mozaik.


Mozaik merupakan pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan (kertas) yang sengaja di buat dengan cara dipotong – potong kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara di lem.


Membuat seni mozaik memiliki beberapa fungsi bagi anak antara lain :

Fungsi Praktis
Artinya karya seni rupa mozaik selain bersifat induvidual juga sebagai media ekpresi buat anak.


Fungsi Edukatif
Artinya melalui penerapan metode pembelajaran melalui pendidikan seni mozaik dalam upaya untuk membantu pengembangan berbagai fungsi perkembangan dalam diri seorang anak, yang meliputi kemampuan : fisik, daya pikir, daya serap, emosi, cita rasa keindahan,  kreativitas.


Fungsi Ekspresi
Artinya unsur – unsur seni rupa pada karya mozaik seperti garis, warna, benruk dan tekstur merupakan bahasa rupa yang digunakan dalam cara mengungkapkan ide – ide atau gagasan, imajinasi, pengalaman yang estetis yang kemudian diungkapkan berwujud ekspresi simbolis yang sangat pribadi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar